WEB CONTENT
YOHANES EUDES PAYONG
57415267
2IA02
ISI DALAM SEBUAH WEB / WEB CONTENT
Content dalam website adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh
pengunjung baik berupa gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi
dan sebagainya. Jadi jika kita mengunjungi suatu website sebenarnya yang kita
kunjungi adalah content. Pengaturan content ini dilakukan pada saat pemograman
website (coding), entah itu jenis contentnya, warna, posisi dan sebagainya. Hal
inilah yang mendasari perencanaan pembuatan website harus dilakukan sebaik
mungkin, karena content-content yang akan ditampilkan pada website baik posisi
maupun jenisnya akan ditentukan dari sini.
Isi dari
sebuah web bisa berbagai macam tergantung untuk tujuan apa web tersebut dibuat dalam
tulisan ini saya akan membahas beberapa yang termasuk dalam content dalam
website.
A. Bahasa dan Keberagaman budaya
Dalam pembuatan web, bahasa yang digunakan adalah tergantung untuk
negara manakah website itu dibuat. Karena kita berbahasa Indonesia jadi content
dalam sebuah web harus berbahasa Indonesia agar orang yang melihat laman
website milik kita bisa mengerti maksud dari konten yang ada dalam website
tersebut.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan Republik
Indonesia sebuah negara yang luas dengan hamparan pulau-pulau besar dan kecil
dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahasa Indonesia itu sendiri dalam perjalanannya mengalami beberapa
penyempurnaan pada ejaannya diantaranya :
Ejaan van Ophuijsen
Merupakan ejaan yang didasarkan pada ejaan Bahasa Melayu dengan huruf
latin. Ejaan ini disusun pada tahun 1896 oleh Charles Van Ophuijsen dengan
bantuan Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim, yang resmi
diakui pada tahun 1901 oleh pemerintah kolonial.
Ejaan Republik
Ejaan yang juga dikenal dengan nama ejaan Soewandi diresmikan pada
tanggal 19 Maret 1947 yang berfungsi untuk menggantikan ejaan terdahulu.
Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)
Ejaan yang mulai dikenal pada akhir tahun 1959, namun dikarenakan
kondisi politik pada dekade itu maka ejaan ini urung diresmikan.
Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)
Merupakan ejaan dua bahasa serumpun, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa
Malaysia. Mulai diresmikan pada tanggal 16 Agustus 1972 berdasarkan Kepres No.
57, Tahun 1972.
Keragaman Budaya
Keragaman Budaya adalah macam-macam tingkah laku, ciri, atau kebiasaan
yang ada pada masyarakat atau budaya di wilayah tertentu atau dunia dalam arti
yang lebih luas.
Wilayah Indonesia yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke
memiliki keragaman budaya yang sangat luar biasa. Setidak nya terdapat 489 suku
bangsa yang terdapat di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Media dan Standar
MEDIA
Media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Dalam ilmu komunikasi,
media bisa diartikan sebagai saluran, sarana penghubung, dan ala-alat
komunikasi. Kalimat media sebenarnya berasal dari bahasa latin yang secara
harafiah mempunyai arti perantara atau pengantar. Media juga merupakan suatu
wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada
penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam
suatu proses penyajian informasi.
STANDAR
Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau
persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan
kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Suatu
standar dapat pula berupa suatu artefak atau perangkat formal lain yang
digunakan untuk kalibrasi. Suatu standar primer biasanya berada dalam
yurisdiksi suatu badan standardisasi nasional. Standar sekunder, tersier, cek,
serta bahan standar biasanya digunakan sebagai rujukan dalam sistemmetrologi.
Suatu kebiasaan, konvensi, produk perusahaan, atau standar perusahaan yang
telah diterima umum dan bersifat dominan sering disebut sebagai "standar
de facto".
Suatu standar teknis dapat dikembangkan baik secara sendiri-sendiri atau
unilateral, misalnya oleh suatu perusahaan, badan regulasi, militer, dll.
Standar juga dapat dikembangkan oleh suatu kelompok seperti persekutuan atau
asosiasi perdagangan. Badan standardisasi biasanya memiliki lebih banyak
keragaman dan umumnya mengembangkan standar sukarela. Standar-standar ini dapat
menjadi suatu keharusan jika diadopsi oleh suatu pemerintahan, kontrak bisnis,
dll.
C. Model Retrorika di web
MODEL RETORIKA
Model Retrorika Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik (Kunst,
gut zu reden atau Ars bene dicendi), yang dicapai berdasarkan bakat alam
(talenta) dan keterampilan teknis (ars, techne), Dewasa ini retorika diartikan
sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses
komunikasi antarmanusia. Retorika modern mencakup ingatan yang kuat, daya
kreasi dan fantasi yang tinggi, teknik pengungkapan yang tepat dan daya
pembuktian serta penilaian yang tepat. Retorika modern adalah gabungan yang
serasi antara pengetahuan, pikiran, kesenian dan kesanggupan berbicara. Dalam
bahasa percakapan atau bahasa populer, retorika berarti pada tempat yang tepat,
pada waktu yang tepat, atas cara yang lebih efektif, mengucapka kata-kata yang
tepat, benar dan mengesankan. Itu berarti orang harus dapat berbicara jelas,
singkat dan efektif.
D. Web Annotations (Tagging, metadata)
Web Annotation
Web Annotations merupakan penggabungan dari beberapa tampilan web
seperti :
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada
tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun
berdasarkan kategorinya.
Metadata biasa didefinisikan sebagai “data tentang data” atau dapat juga
disebut dengan “informasi mengenai suatu data”. Metadata mendeskripsikan isi,
kualitas, kondisi, dan karakteristik lainnya mengenai suatu data yang ditulis
dengan format standard.
Metadata memiliki fungsi yang sama seperti katalog yaitu untuk :
- mengidentifikasi suatu data
- mengelompokkan data yang serupa
- membedakan data menurut kriteria tertentu
- memberikan informasi penting berkaitan dengan data
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga
terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat,
hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang
anda berikan. Rich snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak
berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Sumber :
No comments:
Post a Comment