Thursday, June 1, 2017

EKONOMI WEB DAN DAMPAK DARI PENGARUH WEB
YOHANES EUDES PAYONG
57415267
2IA02

EKONOMI WEB

Seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kini teknologi merupakan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari. Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi, termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktifitas perekonomian kini telah banyak yang menggunakan fasilitas tekonolgi seperti halnya internet. Dengan bantuan internet, perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi lagi antara penjual dan pembeli. Dengan internet juga seseorang dapat juga membuat sebuah ekonomi web.
     A.    IKLAN

Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan. Atau Iklan adalah komunikasi non personal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai.

IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI :

- Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
- Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).

Dampak adanya iklan :

1. Dampak terhadap produk
 Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.

2. Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.

3. Dampak terhadap Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan

4. Dampak terhadap para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.

5. Dampak terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi

6. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
            Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru    maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.

7. Dampak kepentingan Produksi Massal.

8. Dampak Terhadap Nilai suatu Produk
     Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena :
1.       Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu.
2.       Periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip .
3.       Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen

9. Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.

     B.    PENJUALAN ONLINE

Penjualan online adalah suatu transaksi untuk menjual barang melalui jaringan komputer atau internet. Sistem Penjualan Online ini merupakan sistem yang dapat digunakan untuk menangani proses penjualan produk tunai. Sistem ini memiliki keunggulan utama yaitu kecepatan akses dan sistem yang dapat diakses dari manapun karena berbasis web. Fasilitas yang disediakan didalam sistem ini antara lain penanganan master untuk pelanggan dan produk, penanganan transaksi untuk penjualan, pembuatan faktur dan kuitansi, serta penyajian laporan penjualan berdasarkan beberapa kriteria.


Dampak Penjualan Online bagi Ekonomi

1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.

    C.    LELANG ONLINE (ONLINE AUCTION)

Lelang online adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.

Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
·         Satu pembeli, satu penjual
·         Satu penjual, banyak pembeli potensial
·         Satu pembeli, banyak penjual potensial
·         Banyak penjual, banyak pembeli

Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
Manfaat bagi penjual :
·         Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
·         Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
·         Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
Manfaat bagi pembeli :
·         Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
·         Hiburan bagi pembeli
·         Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
Manfaat bagi Auctioner :
·         Pembelian yang lebih tinggi.
·         Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
·         Ekspansi bisnis lelang.




SUMBER



No comments:

Post a Comment