EKONOMI WEB DAN DAMPAK DARI PENGARUH WEB
YOHANES
EUDES PAYONG
57415267
2IA02
EKONOMI WEB
Seiring
dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kini teknologi
merupakan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari. Semua aspek kehidupan
pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi, termasuk pada aspek
ekonomi. Segala aktifitas perekonomian kini telah banyak yang menggunakan
fasilitas tekonolgi seperti halnya internet. Dengan bantuan internet,
perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat
membatasi lagi antara penjual dan pembeli. Dengan internet juga seseorang dapat
juga membuat sebuah ekonomi web.
A. IKLAN
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan,
perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin
disampaikan. Atau Iklan adalah komunikasi non personal informasi biasanya
dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh
sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat iklan yang
terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada
khalayak ramai.
IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI :
- Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu
mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
- Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan
harus membayar media yang dipilih).
Dampak adanya iklan :
1. Dampak terhadap produk
Kepercayaan terhadap produk
meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus
memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.
2. Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melaluibiro iklan)
memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi
penyebaran pesan tentang produknya.
3. Dampak terhadap Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara
bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik
kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan
4. Dampak terhadap para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan
berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
5. Dampak terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap
produk yang sama maupun substitusi
6. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan
terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama.
Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
7. Dampak kepentingan Produksi Massal.
8. Dampak Terhadap Nilai suatu Produk
Periklanan mempunyai dampak
terhadap nilai suatu produk karena :
1. Periklanan dapat memperlihatkan
penggunaan suatu produk tertentu.
2. Periklanan dapat menambah nilai
yang lebih positip .
3. Menambah nilai ekonomi untuk
barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen
9. Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan
biaya iklan untuk produk itu pada media.
B. PENJUALAN ONLINE
Penjualan online adalah suatu transaksi untuk menjual barang melalui
jaringan komputer atau internet. Sistem Penjualan Online ini merupakan sistem
yang dapat digunakan untuk menangani proses penjualan produk tunai. Sistem ini
memiliki keunggulan utama yaitu kecepatan akses dan sistem yang dapat diakses
dari manapun karena berbasis web. Fasilitas yang disediakan didalam sistem ini
antara lain penanganan master untuk pelanggan dan produk, penanganan transaksi
untuk penjualan, pembuatan faktur dan kuitansi, serta penyajian laporan
penjualan berdasarkan beberapa kriteria.
Dampak Penjualan Online bagi Ekonomi
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi
akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek
teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi
ke toko.
C. LELANG ONLINE (ONLINE AUCTION)
Lelang online adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk
dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga
terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga
yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu
tertentu.
Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
·
Satu pembeli, satu penjual
·
Satu penjual, banyak pembeli potensial
·
Satu pembeli, banyak penjual potensial
·
Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
Manfaat bagi penjual :
·
Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
·
Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
·
Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
Manfaat bagi pembeli :
·
Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
·
Hiburan bagi pembeli
·
Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
Manfaat bagi Auctioner :
·
Pembelian yang lebih tinggi.
·
Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
·
Ekspansi bisnis lelang.
SUMBER
No comments:
Post a Comment