Saturday, March 16, 2019

TUGAS SOFTSKILL1


BiG DATA

                Big Data merupakan istilah untuk data yang besar baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data biasa digunakan dalam kegiatan bisinis yang berskala besar, big data harus diorganisir dan dikelola dengan baik agar pada saat pengambilan keputusan didapat keputusan yang baik dan benar. Bid Data mempunyai tiga bagian penting yaitu.

Volume

                Ukuran data dalam Big data memang besar sesuai dengan namanya, jadi harus memproses data yang memiliki volume yang besar.

Velocity

                Aliran data harus ditangani secara cepat dan tepat . data dapat digunakan secara cepat dan diteruskan ke memori.

Variety

                 Variety yang dimaksud disini adalah berbagai jenis data yang tersedia. Jenis data tradisional biasanya lebih terstruktur. Dengan semakin berkembangnya big data, ada juga data yang belum terstruktur.

Metode Atau Algoritma

                Terdapat dua teknik utama untuk menganalisis big data : the store and analyze approach, dan the analyze and store approach.

The Store and Analyze Approach

                The store and analyze approach, mengintegrasikan sumber data ke dalam consolidated data store sebelum data dianalisa. Pendekatan ini digunakan oleh sistem data warehouse tradisional untuk menghasilkan data analytics. Pada data warehousing system, consolidated data store biasanya berupa enterprise data warehouse atau data mart yang dikelola oleh relational DBMS atau multidimensional DBMS.

The Analyze and Store Approach

                Analyze and Store Approach menganalisis data yang mengalir pada proses bisnis, yang ada di antara network dan systems. Hasil analisis kemudian dapat dipublikasikan pada interactive dashboards dan/atau dipublikasikan ke dalam data store (seperti data warehouse) untuk diakses pengguna, menghasilkan historical reporting dan analisis tambahan lainnya. Pendekatan ini dapat juga digunakan untuk menyaring dan mengagregasi big data sebelum dimasukan ke dalam data warehouse.

Studi Kasus

Industri Perbankan

Pada saat nasabah melakukan transaksi melalui mesin atm, Bank mungkin hanya menyimpan data transaksi banking, seperti nominal penarikan uang. Di luar itu, Bank dapat melihat data interaksi para nasabah di depan mesin atm. Bank dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan nasabah untuk memasukkan pin dan menekan jumlah nominal penarikan uang. Lebih dari itu Bank juga dapat menganalisa kebiasaan seorang nasabah dalam menarik uang di atm.

Jika kita tahu kebiasaan seorang nasabah mengambil uang 700 ribu, kenapa tidak ketika nasabah memasukkan kartu, kemudaian memencet pin, langsung menawarkan pilihan 700ribu. Hal tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi Bank di mata para nasabah agar nasabah tetap setia dan menambah saldo rekeningnya.

No comments:

Post a Comment