BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada praktikum Grafik Komputer 2 ini kita belajar cara membuat game menggunakan aplikasi Blender.
Pada pembuatan game tersebut menggunakan elemen – elemen yang ada pada aplikasi Blender tersebut.
TUJUAN
- Membuat game sederhana dengan tingkatan level yang berbeda.
- Menggunakan navigation mesh untuk menambah musuh atau AI.
BAB II
PEMBAHASAN
Python
aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan,
simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
BAB III
ISI
Pertama buat objek kubus terlebih dahulu dengan menggunakan shortcut ‘shift + a’
kemudian pilih mesh setelah itu pilih cube
Kemudian Scale dan pipihkan kubus tersebut seperti gambar dibawah
Kemudian tambahkan objek monyet dengan menggunakan shortcut ‘shift + a’
kemudian pilih mesh setelah itu pilih monkey
Karena monyetnya masih terlalu besar, kita scale dahulu agar menjadi kecil.
Setelah itu buat levelnya menggunakan kubus yang pertama dibuat.
Setelah di desain dan membuat navigation mesh seperti diatas.
Lanjut mendesain dari monyet tersebut agar lari ketika player mendekat.
Disini kita menambahkan properties pada objek, disini saya menambahkan properties ‘Monkey’
sementara tipenya adalah ‘Boolean’ , kenapa ? karena ketika terjadi tabrakan terhadap objek ‘Monkey’ dia akan hilang begitu saja. Dan game selesai.
Membuat fps mode pada player
Buat settingan pada kamera seperti gambar berikut
Untuk collison Bounds yang digunakan adalah Capsule, karena hampir menyerupai wujud manusia.
Setelah itu akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu kita setting logic dari si kamera tersebut agar bisa bergerak seperti gambar dibawah ini.
Membuat Main Menu
Pertama kita ganti dlu tipe dari blendernya, standarnya adalah default.
Ubah menjadi Game Logic. Dan blender render menjadi blender game, seperti gambar dibawah
Setelah itu, tambahkan kubus kemudian pipihkan agar seperti lantai. Kenapa tidak menggunakan plain ? ditakutkan nanti tembus pandang.
Kemudian pilih kamera lalu konfigurasi seperti gambar dibawah
Maka kamera akan seperti gambar dibawah
Untuk membuat buttonnya kita menggunakan kubus juga yang di ubah ukurannya dan dipipihkan juga.
Agar memudahkan membuat button play, exit dan credit kita copy saja kubus yang telah dibuat tadi dengan menekan shift + d, kemudian dengan menekan g untuk menggerakkan objek yang telah dicopy tadi.
Setelah itu tambahkan text pada kubus tersebut. Dengan menggunakan shift + a kemudian memilih text, untuk mengedit textnya tekan tab agar masuk ke edit mode.
Kemudian agar tulisannya terlihat, kita edit location z lebih tinggi dari si kubus. Si kubus awalnya adalah 1.0 maka saya set 1.2 agar terlihat seperti gambar diatas.
Setelah seperti ini, konversi dulu textnya menjadi mesh biar bias digabungkan dengan cube agar menjadi satu objek , caranya pilih semua text yang ada, kemudian tekan alt + c hingga muncul seperti gambar dibawah.
Setelah dikonversi , saatnya menggabungkan antara text dan cube tersebut dengan memilih keduanya dari text kemudian kubus, setelah itu tekan shift + j
Sebelum digabung
Setelah digabung.
Buat 2 scene baru untuk gamenya
Setelah itu edit game settingnya seperti gambar dibawah untuk button play
Untuk credit
Untuk exit
Konfigurasi untuk menang
Disini saya menggunakan 2 level, jadi ketika monyet kedua ditabrak akan mengakhiri game ini.
BAB IV
PENUTUP
Kami disini menyadari bahwa game yang kami
buat ini masih belum sempurna dan masih ada kekurangan, semoga game yang kami
buat bisa bermanfaat serta menghibur yang memainkan.
No comments:
Post a Comment