Pada pembuatan karakter ini saya menggunakan Software
Blender 2.79
Gambar di atas merupakan objek awal untuk membuat karakter
yang akan saya buat.
Tekan E untuk Exture, kemudian tekan S untuk memperkecil
bagian yang sudah di Exture.
Setelah itu tarik kebawah bagian yang sudah di scale
sehingga akan membentuk badan, panjang badan dapat disesuikan dengan menekan E
dan tarik sumbu z kearah bawah.
Setelah itu kita dapat membuat tangan dengan cara tekan Ctrl
+ R lalu akan muncul garis, kemudian garis arahkan garis sampai posisi garis
menjadi horizontal di kedua ujung badan bagian samping, lalu tekan Ctrl + R
lagi kemudian arahkan posisi garis menjadi vertical lakukan tepat dimana biasana
posisi tangan berada maka akan berbentuk bidang persegi, setelah itu seleksi
bidang tersebut tekan E tarik kea rah sumbu
x.
Cara membuat kaki sama dengan tangan, hanya saja saat
menekan E tarik ke arah sumbu y ke arah bawah.
Cara
membuat mata yaitu dengan menambahkan
objek pada objek mode tekan shift + A lalu pilih Mesh dan pilih UV sphere,
tekan S untuk memperkecil objek seukuran mata lalu posisikan objek sesuai
dengan posisi mata.
Setelah itu beri warna dengan cara pili material , New lalu
pilih warna yang diinginkan, duplicate objek mata yang sudah dibuat kemudian
atur posisinya sesuai dengan yang satunya.
Kemudian untuk menggerakan karakter yang sudah dibuat
tambahkan rigging dengan cara tekan shift+A pada objek mode kemudian pilih
Armateur lalu pilih Bone. Di sini saya menggunakan Default Bone untuk karakter
yang dibuat. Untuk menggerakannya pindah ke Pose mode kemudian seleksi Rigging
yang sudah diletakkan di dalam objek kemudian tekan Ctrl+P kemudian pilih With
Automatic Weights.
Kemudian berilah warna dengan cara select material pilih new
lalu pilih warna yang diinginkan. Terakhir beri Texture pada ruangan sesuai
dengan keinginan.
Hasil akhir dari pembuatan karakter setelah dirender.
Sebelum digerakkan.
Sesudah digerakkan.
No comments:
Post a Comment